• (021) 4288 7540 | 425 1887
  • clubs@pqm.co.id

HCD CLUB INDONESIA  adalah club nonprofit yang diasuh oleh PQM Consultants untuk saling belajar dan berbagi pengetahuan & pengalaman di dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia .

Sejarah HCD Club berawal dari gagasan para peserta PQM Consultants International Seminar “Integrated HRD”, tanggal 7-8 Maret 1991, yang mendambakan akan adanya suatu forum komunikasi bersama yang berkelanjutan bagi para Praktisi HCD untuk belajar bersama, saling menimba serta berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk meluaskan wawasan. Gagasan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan pertemuan pertama para Praktisi HCD ex Peserta seminar pada tanggal 28 Januari 1992. Pada pertemuan tersebut segenap peserta bersepakat untuk membentuk sebuah forum pertemuan yang tetap dengan nama HRD Club Indonesia (HRD Club) dan pada Tahun 2018 kami mengubah nama menjadi HCD Club Indonesia.


HCD Club menyelenggarakan pertemuan rutin setiap dua bulan sekali yang diikuti oleh praktisi HCD di seluruh Indonesia. Pertemuan ini biasa dihadiri sekitar 30-100 peserta dalam setiap pertemuannya. Pembicara dalam pertemuan HCD Club adalah praktisi maupun Konsultan di bidang HC yang sudah berpengalaman.

Kegiatan HCD Club lainnya adalah  menyelenggarakan Pelatihan Manajemen SDM bagi para Praktisi HCD Pemula, Annual Meeting atau Kunjungan/Studi Banding ke perusahaan – perusahaan. Untuk menjadi anggota HCD Club Indonesia tidak dikenakan biaya, peserta hanya memberikan kontribusi pada saat mengikuti kegiatan yang dipilihnya.
Sampai saat ini HCD Club beranggotakan lebih dari 2500 orang yang terdiri dari Para Praktisi dan Peminat HCD dari berbagai perusahaan swasta nasional maupun multinasional dan BUMN.


 

Scope of HCD Club Indonesia

HCD Club Indonesia memiliki 3 bentuk kegiatan, yaitu :

Regular EVENT

  • Merupakan ajang pertemuan bagi para HR Profesional yang diadakan rutin setiap dua bulan sekali.
  • Narasumber yang diundang dalam pertemuan regular ini adalah HR Profesional dari berbagai perusahaan yang telah berhasil mengembangkan dan menerapkan sistem HR.
  • Pembelajaran langsung dari best practice tersebut tentunya akan membawa manfaat besar bagi Para HR Profesional dalam menerapkan sistem HR di perusahaannya masing-masing.
  • Dalam pertemuan ini juga diadakan HR Clinic, dimana HCD Club Indonesia memberi wadah bagi para HR Profesional yang ingin bertanya mengenai kebijakan dan kendala seputar Hubungan Industrial. Kami menghadirkan Ibu Sri Razziaty Ischaya, mantan hakim ad-hoc pengadilan hubungan industrial.


SDM PEMULA


Sarana pembelajaran dalam bentuk Pelatihan SDM bagi para professional SDM Pemula. Diharapkan para professional SDM Pemula semakin terasah pengetahuan, keterampilan maupun motivasinya dalam mengelola SDM di perusahaan, serta mampu menjawab tantangan strategis perusahaan. 
Pelatihan ini diadakan dua kali setiap tahun yang dijadwalkan di setiap bulan Mei dan Oktober
NATIONAL HCD CONFERENCE


HCD Club Indonesia secara berkala mengadakan pertemuan akbar (konferensi) bagi para HR Profesional dengan mengangkat topik perkembangan Manajemen SDM terkini. Diharapkan NHCDC mampu memberi kontribusi positif bagi para HR Profesional untuk menjawab tantangan yang ada dan penerapan manajemen SDM di Indonesia.